Masih Ingat Arya Bocah Dengan Berat 192kg? Sekarang Penampilannya Bikin Pangling

Masih Ingat Arya Bocah Dengan Berat 192kg? Sekarang Penampilannya Bikin Pangling




Artikel Terkait:



Trenz CornerPada pertengahan tahun 2016 kemarin, Arya Permana bocah obesitas dari Karawang, Jawa Barat, yang kala itu masih berusia 10 tahun begitu menyita perhatian kita.

Pasalnya, bocah yang masih duduk di kelas 4 SD memiliki berat badan yang fantastis, mencapai 192 kg.

Ade Sumantri, ayah Arya menceritakan, sebenarnya Arya sendiri lahir dengan kondisi berat badan yang normal.

“Namun menginjak usia 5 tahun ke atas, Arya mengalami kenaikan berat badan dan yang paling menonjol adalah di usia 9 hingga 10 tahun kenaikan berat badannya mencapai 72 kg dalam kurun waktu 1 tahun,” jelas Ade ketika ditemui di RS Omni, Alam Sutera, Tangerang, Selasa (2/5/2017).

Setelah ramai diberitakan, kediaman Arya langsung didatangi berbagai kalangan, dari yang sekadar ingin tahu kondisi Arya hingga yang memberikan bantuan.


Pemerintah daerah tempat Arya tinggal sendiri di Kabupaten Karawang memberikan bantuan perawatan dan diet serta transportasi gratis melalui RS Hasan Sadikin, Bandung.

Selama 8 bulan dirawat dan melakukan diet ketat dengan pengawasan tim dokter RS Hasan Sadikin, Bandung, Arya bisa menurunkan 8 kg berat badannya.

Barulah pada Maret lalu, Arya diperkenalkan pada tim dokter Rumah Sakit Omni, Alam Sutra, Tangerang yang menawarkan prosedur operasi bariatrik secara gratis.

Operasi bariatrik sendiri adalah prosedur yang dilakukan untuk mengecilkan ukuran lambung sehingga menyisakan 1/3 ukuran aslinya.

Dengan mengecilkan kapasitas lambung, maka akan membatasi asupan makanan.

Artinya, selain lebih cepat kenyang, cara ini juga membuat rasa lapar datang lebih lama.

Dr. Handy Wing, SpB., FBMS., FINACS., FICS, selaku dokter bedah yang menangani Arya menjelaskan bahwa metode bedah bariatrik ini dilakukan dengan teknik laparoskopi atau minimal invansif.

“Teknik laparoskopi dilakukan dengan membuat lubang sayatan kecil berukuran 1 cm sebanyak 3 hingga 4 buah,” jelas Dr. Handy.

Handy mengatakan keberhasilan penurunan berat badan pada pasien obesitas tidak terletak pada bedah bariatriknya tetapi pada pola hidup yang dijalani pasien obesitas setelah proses operasi.

Oleh karena itu, setelah operasi Arya perlu menjalani pola makan sehat dan pola hidup aktif.

"Tiap minggu diharapkan turun terus. Setelah satu tahun diharapkan sudah di bawah 100 kg," terang Handy.

Operasi bariatrik ini secara efektif dapat menurunkan berat badan dan terhindar dari efek yo-yo atau berat badan yang naik-turun tak stabil.

Setelah 2 minggu melakukan operasi bariatrik tepatnya pada 17 April 2017 lalu, Arya sukses menurunkan berat badannya hingga 17 kg.

“Waktu Arya dioperasi saya deg-deg an, takut sih. Pas udah keluar, Arya sudah sadar dan bisa bicara, lega,” tutur Rohayah, ibu dari Arya.

“Lehernya sekarang kelihatan. Lehernya kalau dulu kayak kura-kura, kalau sekarang sudah kayak angsa,” ungkap Ade.

Kini Arya sudah terlihat lebih lincah dan bisa berjalan lebih bebas.

Kedua orangtuanya berharap proses penurunan berat badan Arya akan lebih optimal sehingga Arya bisa kembali beraktivitas dengan normal.

“Harapan saya, Arya bisa melanjutkan cita-citanya seperti anak-anak lain. Karena Alhamdulillah dari kelas 1 Arya selalu peringkat 1 di sekolahnya, SD Cipurwasari 1, Kabupaten Karawang,” tutup Ade.

Nah, begini penampilan terbaru dari Arya setelah menjalani operasi :


azr.


sumber : tribunnews.com

.

Masih Ingat Arya Bocah Dengan Berat 192kg? Sekarang Penampilannya Bikin Pangling
4/ 5
Oleh